Friday, January 25, 2019

#Belajar-R : Membuat Scatter Plot

Salah satu hal paling penting dalam statistika adalah eksplorasi dan visualisasi data. Oleh karena itu, seorang ahli statistik harus menguasai teknik pengolahan data hingga keteknik penyajiannya yang mudah dimengerti banyak orang.

Pada edisi #Belajar-R kali ini, kita mulai masuk ketahap eksplorasi dan visualisasi data. R memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal tersebut, mulai dari plot, grafik, kurva sederhana hingga advance dapat dihasilkan oleh R.

Dimateri pertama mengenai eksplorasi dan visualisasi data, kita akan membahas mengenai scatter plot. Apa itu scatter plot?

Secara ringkas, scatter plot adalah suatu grafik dua dimensi yang terdiri atas kumpulan titik yang berasal dari nilai observasi dua variabel sekaligus yang berguna untuk melihat pola atau hubungan antara kedua variabel tersebut. Untuk lebih mendalami mengenai scatter plot, anda dapat membacanya di .

Baiklah, mari kita mulai membuat scatter plot dengan R.

Seperti biasa, kita akan menggunakan data dari siswa kelas XII SMA Budikarya. Bagi anda yang belum mempunyai, bisa didownload di sini Download Data.

Untuk membuat scatter plot, kita akan menggunakan fungsi plot.

        >plot(x="nama variabel", y="nama variabel", pch=16, xlab="label sumbu x",
           ylab="label sumbu y", xlim=(skala sumbu x), ylim=(skala sumbu y))

#pch=16 di atas menunjukkan bahwa bentuk plot yang kita inginkan adalah seperti yang nomor 16, yaitu bulat hitam. Untuk bentuk plot selengkapnya bisa dilihat di bawah.

Kepala sekolah Budikarya ingin lebih mengeksplorasi data dari nilai-nilai yang didaparkan kelas 12, khususnya ingun mengetahui apakah ada hubungan antara nilai Matematika dengan nilai Biologi siswa kelas 12. Untuk mempermudah melihat sebarannya, kita dapat membuatkan scatter plot.


Fungsi yang digunakan.


Tampilan Scatter Plot
Dari scatter plot di atas, ada beberapa hal yang kita dapat:
      1. Terdapat satu pencilan nilai Biologi
     2. Nilai Matematika dan Biologi siswa kelas IIX SMA Budiluhur mempunyai sebaran yang   luas.

Ternyata, Bapak Kepala sekolah penasaran dengan nama siswa yang mempunyai nilai Biologi paling rendah tersebut. Untuk mengakomodir keinginan kepala sekolah tersebut, kita dapat memunculkan nama-nama siswa ke dalam scatter plot tersebut dengan memanfaatkan fungsi text yang dipadukan dengan row.names.


#pos=4 di sini berarti kita mengingikan label berada di kanan titik.




Ternyata yang mempunyai nilai Biologi sangat rendah adalah Ela.

Namun, dari scatter plot yang telah kita buat di atas, masih belum memberikan informasi kepada kita bagaimana hubungan antara nilai Biologi dengan nilai Matematika, apakah ada hubungan atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat memanfaatkan analisis korelasi. Adapun fungsi yang digunakan adalah abline.


Di sini, kita dibebaskan untuk memilih sendiri ketebalan garis dan warnanya. Jika kita menginginkan garis yang tebal, kita tinggal ganti lwd=6, atau berapa terserah anda sekalian. Kita juga bisa memilih warna garis sesuka kita. Tinggak ganti col="blue" jika kita menginginkan garis warna biru.


Dari scatter plot di atas, kita mendapatkan informasi bahwa ada korelasi positif (meskipun sangat kecil) antara nilai matematika dan biologi. Itu artinya, semakin tinggi nilai matematika, biasanya akan dibarengi dengan semakin tinggi pula nilai biologi. Untuk lebih mendalami cara membaca korelasi, anda dapat membacanya di.

Okay, ternyata sudah panjang sekali ya postingan kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan, ketik di kolom komentar, ataupun bisa kirim email

NB: "semester" dalam setiap penulisan fungsi di atas adalah nama dari data frame yang saya gunakan.

Sumber Referensi
Pramana, Setia, dkk.2017.Dasar-Dasar Statistika dengan Software R Konsep dan Aplikasi Edisi ke Dua.Bogor.In Media.
Budiharto, Widodo dan Rachmawati, Ro’fah.2013.Pengantar Praktis Pemrogaman R untuk Ilmu Komputer.Jakarta.Halaman Moeka.
Maindonald, J.H.2008.Using R for Data Analysis and Graphics Introduction, Code and Commentary.Australia.Australian National University

0 comments:

Post a Comment