Saturday, January 19, 2019

#Belajar-R: Penerapan Fungsi "rownames"


Ketika kita meng-import data dari excell ataupun yang lainnya, kita selalu dihadapkan pada permasalahan kolom pertama yang seharusnya bukan variabel, namun di R dibaca sebagai sebuah variabel. Kebayang gak? Hehehe. Okay, daripada bingung-bingung, mari langsung saja belajar dari sebuah kasus. Sebelum kita mulai, alangkah lebih baik kalau anda juga ikut mempraktikkannya di komputer/leptop anda agar tidak mudah lupa. Baiklah, langsung saja download datanya di Download Data

Kalau datanya sudah di-donwload, langsung saja di-import ke applikasi R anda. R akan membaca data set “nilai” yang kita import tadi sebagai berikut:
 
Tampilan import data
Kita cek, di data set yang kita import, terdiri dari berapa variabel dengan cara memanfaatkan fungsi dim.
 
Terdapat 71 Observasi dan 5 Variabel dalam data set yang diimport.


Ternyata R membaca data yang kita import tadi terdapat 5 variabel. Padahal sebenarnya cuma terdapat 4 variabel saja, yaitu English, Bio, Math, dan Kelas. Mengapa R membacanya terdapat 5 variabel? Itu karena X, yaitu nama-nama siswa juga dibaca sebagai sebuah variabel.

Dibacanya X (nama siswa) sebagai sebuah variabel tersendiri tentunya akan sangat mengganggu dalam proses analisis kedepannya. Misal ketika kita ingin mengetahui siapa yang memperoleh nilai Math tertinggi.  Kita tidak langsung mengetahui namanya, kita hanya memperoleh nomor urut siswanya. Itu disebabkan karena tidak ada nama baris atau rownames, hanya ada nomor baris saja. Tentunya itu akan sangat merepotkan bukan? Kita harus buka data kita lagi dan mencari siapa yang mempunyai nomor urut 6. Selain itu, terbacanya X (nama siswa) sebagai sebuah variabel tersendiri akan mengganggu kita dalam proses analisis kedepannya.

X ikut-ikutan dianalisis. Padahal tidak perlu.
Selain itu, kita juga tidak bisa langsung mengetahui siapa siswa yang mendapatkan nilai tertinggi di pelajaran Math.

Namanya tidak muncul. Hanya nomor 15 saja.
Dari hasil diatas, kita hanya dapat mengetahui siswa yang mendapatkankan nilai tertinggi di pelajaran Math adalah siswa dengan nomor urut 15. Disitu tidak dicantumkan nama siswanya. Padahalkan lebih enak kalau kita langsung mengetahui siapa nama siswa tersebut.

Maka dari itu, dipostingan kali ini, saya akan menjelaskan cara merubah X (nama siswa) yang semula dibaca sebagai sebuah variabel, menjadi sebuah label, atau nama baris. Bagaimana caranya? Caranya, kita memanfaatkan fungsi rownames.


Rownames telah terbentuk. Tinggal menghapus variabel X.
Bagaimana cara menghapus variabel X? Gampang kok, tinggal ketik :

                  >nama_data_set$variabe_yang_ingin_dihapus <- NULL

                  >semester$X<-NULL

Ingat, tulisan NULL nya harus capslock ya. Kalau pakai huruf kecil dia enggak mau.

Variabel X telah hilang! Yeeey

Mari, kita cek lagi jumlah variabelnya.


Akhirnya, variabelnya tinggal empat, yaitu English, Bio, Math, dan Kelas.

Sekarang, kita menjadi lebih nyaman dalam melakukan analisis, tidak terganggu oleh variabel yang seharusnya tidak menjadi variabel, atau variabel yang tidak penting.

Variabel X nya sudah hilang.

Sekarang, kita juga sudah bisa mengetahui siapa yang mendapatkan nilai tertinggi dimata pelajaran Math.


Akhirmya, sekarang kita langsung bisa mengetahui siapa yang mendapatkan nilai tertinggi di mata pelajaran Math, yaitu Safik.

Sekian sharing ilmunya kali ini, untuk lebih mendalami R, anda bisa baca-baca postingan #Belajar-R yang lain. Terimakasih.

Note: "semester" adalah nama data set yang digunakan selama pembelajaran ini.


Sumber Referensi
Pramana, Setia, dkk.2017.Dasar-Dasar Statistika dengan Software R Konsep dan Aplikasi Edisi ke Dua.Bogor.In Media.
Budiharto, Widodo dan Rachmawati, Ro’fah.2013.Pengantar Praktis Pemrogaman R untuk Ilmu Komputer.Jakarta.Halaman Moeka.
Maindonald, J.H.2008.Using R for Data Analysis and Graphics Introduction, Code and Commentary.Australia.Australian National University

0 comments:

Post a Comment