Sunday, February 3, 2019

#Belajar-R: Menghapus dan Menambah Baris atau Kolom


Dipostingan kali ini, saya akan membahas cara untuk menambah ataupun menghapus data, baik itu mau menghapus kolom ataupun baris. Seringkali ketika kita mengolah data, kita menemukan data yang tidak layak untuk turut serta dianaisis entah itu karena outlier yang parah sehingga akan merusak model, ataupun datanya kurang lengkap. Berikut ini saya share cara untuk menghapus baris dan kolom.

Tentunya, kita import dulu data nilai yang telah diunduh tadi. Caranya dapat dibaca di Managemen Data.


Inilah tampilan data semula. Total ada 71 siswa.
Pertama, kita akan mencoba menghapus beberapa baris., yaitu seluruh siswa kelas IPA2. Iya semuanya! Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi “-c ( )”. Teman-teman ingat nggak apa itu fungsi c( )”? Yups, fungsi tersebut merupakan fungsi untuk menggabungkan elemen-elemen menjadi vektor. Berarti kalo didepan “c” dikasih tanda minus “-“, itu tandanya elemen dikeluarkan dari vektor.


Oke, kita langsung saja mulai menghapus seluruh data siswa kelas IPA2. Sebelumnya, kita harus mengetahui siswa kelas IPA6 berada diurutan ke berapa saja. Dalam kasus kita, daftar siswa kelas IPA2 berada di rentang 11-22. Let’s rock guys!


fungsi yang kita gunakan : >semester <- semester[-c(11:22),)
NB: Jangan lupa koma sebelum kurung tutup terakhir. Kalau tidak dikasih tanda koma, maka fungsi             tidak akan jalan.

Inilah data setelah data siswa IPA2 dihilangkan.
Sekarang, kita akan menghilangkan kolom kelas.

Fungsi yang kita gunakan : >semester$kelas=NULL

Variabel kelas sudah hilang.


Bagaimana? Mudahkan?
Mari kita lanjutkan materinya. 
Kalau kita sudah tau bagaimana cara menghapus baris dan kolom, sekarang kita belajar cara menambah baris. Adapaun fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi “cbind”. Kalo feeling saya sih, cbind ini merupakan singkatan dari combine. Gimana? Maksa banget ya? Lha terus “d” asal mulanya dari mana dong? Saya enggak tau, nggak bisa menebaknya Hahaha.
Oke, kita langsung praktikkan saja ya. Kali ini, saya mau menambahkan satu murid baru bernama Sun.
Pertama, kita embuat data frame baru dengan cara memanfaatkan fungsi "data.frame". Intinya, kita membuat data frame yang isinya cuma data dari siswa dengan nama Sun, beserta seluruh nilai-nilainya secara berurutan. Setelah itu, data frame baru yang saya beri nama newRow, kita gabung dengan data frame kita yang lama, yaitu semester.

 Lebih jelasnya, bisa dilihat digambar berikut. 

Cara menambah baris baru
Akhirnya Sun sudah tercatat di data frame yang baru

Bagaimana? Gampangkan? Itulah cara untuk menghapus kolom ataupun baris dan menambah baris dengan menggunakan applikasi R. Semoga sharing knowledge kali ini bermanfaat bagi semua. Untuk lebih mendalami cara-cara menganalisis data dengan program R, teman-teman dapat membaca dipostingan #belajar-R yang lainnya di blog ini. Terimakasih.

 Sumber Referensi

Pramana, Setia, dkk.2017.Dasar-Dasar Statistika dengan Software R Konsep dan Aplikasi Edisi ke Dua.Bogor.In Media.
Budiharto, Widodo dan Rachmawati, Ro’fah.2013.Pengantar Praktis Pemrogaman R untuk Ilmu Komputer.Jakarta.Halaman Moeka.
Maindonald, J.H.2008.Using R for Data Analysis and Graphics Introduction, Code and Commentary.Australia.Australian National University

0 comments:

Post a Comment